Cara Membuat Material Vray

Cara Membuat Material Vray

        Material merupakan hal penting dalam mendisian di 3ds max dengan menggunakan engine vray. Tanpa adanya material dalam mendisain di aplikasi tersebut, objek-objek yang kita dibuat terlihat lebih kaku atau terlihat sangat polos, dikarenakan tanpa adanya material yang menjelaskan dalam objek-objek tersebut. Yang saya maksud mendisain disini adalah mendisain berupa interior ataupun ekterior di dalam penggunaan applikasi desain yaitu aplikasi 3ds max seperti yang saya kemukakan sebelumnya. Aplikasi ini memiliki beberapa plugin pendukung material, namun saya menggunakan plugin vray sebagai plugin materialnya. disini saya akan memberikan beberapa contoh tips untuk membuat material-material yang dibutuhkan dalam mendisain interior maupun exterior. sebelumnya apa saja yang kita perlukan disini? tentunya aplikasi 3ds max dan plugin Vraynya namun yang telah aktif dan bisa dijalankan.

      Baiklah tidak perpanjang lebar, mari kita membuat material vray untuk keperluan mendisain. adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Bukalah Material Editor yang ada di dalam aplikasi 3ds max.
  • Ubah setiap material Standard menjadi VRayMtl. caranya adalah klik satu material yang berbentuk bola selanjutnya beri nama materialnya dan ubah Standard menjadi VRayMtl (anda dapat mencarinya di sub VRay)
       Setelah semua material telah selesai menjadi VRayMtl, barulah kemudian kita membuat jenis-jenis materialnya. Dan caranya sebagai berikut :

1. Aluminium

Aluminium adalah jenis material yang bentuknya kilat berwarna putih bening dan memantul namun tidak jelas. cara membuatnya adalah Pilih salah satu Material dengan nama Aluminium, ubah Diffuse-nya dengan perbandingan 74:86:86 kemudian enter. selanjutnya ubah Reflect-nya dengan perbandingan 144:144:144 kemudian enter. Setelah itu ubah Refl. Glossiness-nya menjadi 0,805 dan Subdivs-nya yaitu 10 namun untuk di bagian Refraction Subdivs-nya diubah menjadi 3. Selanjutnya buka bagian BRDF dan ubah Blinn menjadi Ward. untuk settingannya adalah buka Reflect Interpolation dan ubah seperti berikut: Min Rate = -5, Clr Thresh = 0,25, Nrm Thresh = 0,4, Max Rate = -3 dan Interp. Samples = 20. Setelah hal tersebut dilakukan jadilah sebuah material untuk bentuk Aluminium. Pengaplikasian material ini biasanya untuk objek-objek yang dibuat dengan bahan aluminium misalnya Hendle Rak yg dibuat dengan bahan aluminium, tempat penggorengan dan lain sebagainya.

2. Chrome
Chrome adalah jenis material seperti aluminium namun pantulannya sedikit jelas dan lebih mengkilat. cara membuatnya adalah pilih salah satu material dengan nama Chrome, ubah Diffuse-nya dengan perbandingan 41:41:41 kemudian enter. Selanjutnya ubah Relect-nya dengan perbandingan 216:216:216 kemudian enter. Setelah itu ubah Reft. Glossiness-nya menjadi 0,8 dengan Subdivs-nya 5, namun untuk di bagian Refraction Subdivs-nya diubah 3. setelah itu buka bagian BRDF dan ubah Blinn menjadi Phong. Maka jadilah sebuah material untuk bentuk chrome. Pengaplikasiannya material ini biasanya untuk reling-reling tangga, keran angsa dan lain sebagainya.

3. Glass/Kaca
Glass adalah jenis material kaca yang berbentuk bening dan memiliki sedikit pantulan serta tembus pandang. cara membuatnya adalah pilih salah satu material dengan nama Glass/Kaca, ubah Diffuse-nya dengan perbandingan 0:0:0 kemudian enter. Selanjutnya ubah reflect-nya dengan perbandingan 255:255:255 kemudian enter, begitu pula untuk Refract dengan perbandingan yang sama. setelah itu centang fresnal reflectoin serta IOR ubah menjadi 1,52 kemudian ubah kedua subdivs-nya menjadi 50. maka jadilah material kaca, dan pengaplikasian material ini biasanya untuk objek kaca jendela, kaca yang ada di meja dan lain sebagainya. Catatan pada dasarnya pembuatan material kaca sesuai yng diatas dan apa bila adanya material kaja yang memiliki warna anda dapat memodifikasinya diperbandingan warna Diffuse-nya

4.  Gold/Emas
Gold adalah jenis material emas yang berbentuk kuning mengkilat dan memiliki pantulan. Cara membuatnya adalah pilih salah satu material dengan nama Gold/Emas, ubah Diffuse-nya dengan perbandingan 184:152:67 kemudian enter. kemudian ubah Reflect-nya dengan perbandingan 183:135:50 kemudian enter, selanjutnya ubah subdivs-nya menjadi 5 untuk bagian Reflaction dan untuk bagian Refraction ubah menjadi 3. setelah itu buka BRDF dan ubah Blinn menjadi Phong. Maka jadilah material gold, dan pengaplikasian material ini untuk objek-objek perhiasan atau pernak-pernik yang terbuat dari emas dan lain sebagainya.

      Beberapa cara diatas adalah material yang dibuat tanpa menggunakan gambar texture. gambar texture itu sendiri adalah gambar yang berupa bentuk objek-objek yang bermotif seperti motif kayu, motif batu, bahkan dalam kategori organik misalnya motif daun, motif kulit buah-buahan dan sebagainya. material yang dibuat dengan menggunakan texture ini pada dasarnya memiliki cara yang sama dalam pembuatannya sesuai cara yang diatas. akan tetapi ada perbedaan komposisi dari pengaturan kecerahan, pantulan, transparannya dan lain sebagainya, dan yang paling menonjol adanya pemberian texture dalam pembuatannya. Contoh dari material bertexture dapat klik disini

      Didalam medisain di 3ds max khususnya, kita harus memiliki beberapa material-material seperti misalkan pendisainan berupa interior didalam suatu ruangan. Disini kita harus memiliki kurang lebih 8 sampai 15 bentuk material yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah disain yang diinginkan. Diantaranya material untuk lantai yaitu dapat terbagi menjadi beberapa bagian, contohnya keramik, granit, kayu, dan lain sebagainya. kemudian material kaca, material stenlis dan sejenisnya, serta material dinding yang memiliki warna yang berbeda-beda. Dan tidak lupa juga untuk kebutuhan lampu, kita juga harus mempunyai material lampu. namun mengenai material lampu disini, sangat berbeda sekali dengan cara pembuatan material material yang saya jelaskan diatas.

     Mungkin demikian yang bisa saya berikan, untuk lain waktu saya akan memosting lebih banyak lagi tentang cara pembuatan dan pengaplikasian material-material, sekaligus settingan-settingan untuk merender dari disain yang telah terbuat melalui aplikasi 3ds max.


Info :
Terima Jasa Pembuatan disain Interior maupun Exterior.
Email. rohmanhidayat14@gmail.com
Hp. 081378038231
Hp. 083186684438

Comments

Popular Posts