Pengaplikasian Material Vray Part 1
MERENDER SEMANGKA (PENGAPLIKASIAN MATERIAL
VRAY) SIMPLE
Assalamualaikum
Pembaca
Disini saya akan
memberitahukan bagai mana merender sebuah buah semangka dengan menggunakan
material Vray untuk semangka. Vray Adalah Salah satu engine Render yang sangat
populer saat ini. Disini saya akan berikan sebuah pengaplikasian material Vray
yang dijalankan dengan menggunakan software 3Ds Max. Sebelumnya saya akan
meberikan informasi tentang spesifikasi yang saya gunakan.
1. Yang pertama kita harus mempunyai software 3Ds
Max yang bisa dijalankan dikomputer kita.
2.
Kemudian didalam software tersebut harus
mempunyai plugin yang namanya Vray. Vray disini memiliki versi yang sangat
banyak sesuai dengan versi software pendukungnya yaitu salah satunya software
3Ds Max.
3. Kita setidaknya mempunyai 5 sampai 10 buah Map
untuk material vray nantinya. Dan sangat dianjurkan bila ada materialnya. klik disini jika anda ingin memiliki Kumpulan material Vray. Di postingan
sebelumnya saya menyediakan informasi mengenai material vray.
Setelah memiliki
ke empat hal tersebut, saatnya kita memulai project pembuatan buah semangka.
Pada mulanya
kita buka software 3Ds max. Disini saya menggunakan 3Ds Max 2012 dengan Vray V2.0.3.
dan sebuah Material yang dikususkan untuk objek semangka.
Selanjutnya Mari
kita membuat suatu ojek terlebih dahulu, mula-mula Klik Area Perspective
kemudian tekan tombol keyboard (Alt+W),
setelah itu klik Geometry > Standard Primitives > Sphere selanjutnya
arakan kursor ketengah klik tahan kemudian geser atur besarnya sesuai keinginan
setelah itu lepas klik-an dan akan terlihat gambar seperti dibawah ini.
Setelah itu
tekan tombol Key Esc pada keyboard. Selanjutnya klik objek tersebut kemudian
klik Material
Editor > klik Standard >klik Material/Map Browser Options pilih
Option Material Library> carilah Material untuk Objek semangka yang
sudah disiapkan setelah itu tekan Open. Pilih material semangka yang sudah
tertera di Material/ Map Browser (watermelon(VrayMtl)) Kemudian Double Klik.
Selanjutnya kita
akan memapping material tersebut. Mapping adalah sebuah proses memberian
bentuk/gambar agar menjadi lebih nyata pada sebuah material. Baiklah langsung
saja kita melakukan mapping untuk material ini. Pertama-tama double
Klik material 01-Default > (nb. Bila Layout Kecil dapat dibesarkan
agar material terlihat jelas.)Buka Maps > pilih Diffuse dan klik
sebelah kanannya > Klik bitmap dan ambil gambar JPG yang ada di folder
material Watermelon tadi (483428291_333db59648.jpg)
Kemudian Tekan Open > Go to Parent.
Setelah itu
masih di Map, Pilih Bump > Klik bitmap dan ambil gambar JPG yang ada di folder
material Watermelon tadi (483428291_333db59648bump.jpg)
Kemudian Tekan Open > Go to Parent. Dan
Jadilah Material Semangka. Selanjutnya tekan Objek yang telah kita Gambar tadi
dan Klik Assign Material to Selection.
Ada akan melihat
Bola tadi menjadi sebuah semangka dan siap untuk di Render. Pertama-tama klik Render
Setup > ubah resolusi menjadi
1200 x 900 kemudian klik Render.
Inilah hasil
Render dari material tersebut.
Demikian yang
bisa saya sampaikan dan semoga bermanfaat bagi pembaca.
Adapun saya
menyediakan kumpulan vray material lebih dari 1500 material yang berbeda
(Material Vray khusus 3ds Max). Terimakasih.
Wassalam
Terima Jasa Pembuatan disain Interior maupun Exterior.
Fb. Rohman Hidayat
Email. rohmanhidayat14@gmail.com
Hp. 081378038231
Hp. 083186684438
Comments