Pengaplikasian Material Vray Part 1

MERENDER SEMANGKA (PENGAPLIKASIAN MATERIAL VRAY) SIMPLE

Assalamualaikum Pembaca
Disini saya akan memberitahukan bagai mana merender sebuah buah semangka dengan menggunakan material Vray untuk semangka. Vray Adalah Salah satu engine Render yang sangat populer saat ini. Disini saya akan berikan sebuah pengaplikasian material Vray yang dijalankan dengan menggunakan software 3Ds Max. Sebelumnya saya akan meberikan informasi tentang spesifikasi yang saya gunakan.
1.      Yang pertama kita harus mempunyai software 3Ds Max yang bisa dijalankan dikomputer kita.
2.       Kemudian didalam software tersebut harus mempunyai plugin yang namanya Vray. Vray disini memiliki versi yang sangat banyak sesuai dengan versi software pendukungnya yaitu salah satunya software 3Ds Max.
3.     Kita setidaknya mempunyai 5 sampai 10 buah Map untuk material vray nantinya. Dan sangat dianjurkan bila ada materialnya. klik disini jika anda ingin memiliki Kumpulan material Vray. Di postingan sebelumnya saya menyediakan informasi mengenai material vray.
Setelah memiliki ke empat hal tersebut, saatnya kita memulai project pembuatan buah semangka.

Pada mulanya kita buka software 3Ds max. Disini saya menggunakan 3Ds Max 2012 dengan Vray V2.0.3. dan sebuah Material yang dikususkan untuk objek semangka.


Selanjutnya Mari kita membuat suatu ojek terlebih dahulu, mula-mula Klik Area Perspective kemudian tekan tombol keyboard (Alt+W), setelah itu klik Geometry > Standard Primitives > Sphere selanjutnya arakan kursor ketengah klik tahan kemudian geser atur besarnya sesuai keinginan setelah itu lepas klik-an dan akan terlihat gambar seperti dibawah ini.



Setelah itu tekan tombol Key Esc pada keyboard. Selanjutnya klik objek tersebut kemudian klik Material Editor > klik Standard >klik Material/Map Browser Options pilih Option Material Library> carilah Material untuk Objek semangka yang sudah disiapkan setelah itu tekan Open. Pilih material semangka yang sudah tertera di Material/ Map Browser (watermelon(VrayMtl)) Kemudian Double Klik.


Selanjutnya kita akan memapping material tersebut. Mapping adalah sebuah proses memberian bentuk/gambar agar menjadi lebih nyata pada sebuah material. Baiklah langsung saja kita melakukan mapping untuk material ini. Pertama-tama double Klik material 01-Default > (nb. Bila Layout Kecil dapat dibesarkan agar material terlihat jelas.)Buka Maps > pilih Diffuse dan klik sebelah kanannya > Klik bitmap dan ambil gambar JPG yang ada di folder material Watermelon tadi (483428291_333db59648.jpg) Kemudian Tekan Open > Go to Parent.

Setelah itu masih di Map, Pilih Bump > Klik bitmap dan ambil gambar JPG yang ada di folder material Watermelon tadi (483428291_333db59648bump.jpg) Kemudian Tekan Open > Go to Parent. Dan Jadilah Material Semangka. Selanjutnya tekan Objek yang telah kita Gambar tadi dan Klik Assign Material to Selection.















Ada akan melihat Bola tadi menjadi sebuah semangka dan siap untuk di Render. Pertama-tama klik Render Setup > ubah resolusi menjadi 1200 x 900 kemudian klik Render.
Inilah hasil Render dari material tersebut.















Demikian yang bisa saya sampaikan dan semoga bermanfaat bagi pembaca.
Adapun saya menyediakan kumpulan vray material lebih dari 1500 material yang berbeda (Material Vray khusus 3ds Max). Terimakasih.


Wassalam


Terima Jasa Pembuatan disain Interior maupun Exterior.

Fb. Rohman Hidayat
Email. rohmanhidayat14@gmail.com
Hp. 081378038231
Hp. 083186684438

Comments

Popular Posts